Selasa, 12 Februari 2013

Skripsi : Pengemabangan Penuntun Praktikum Kimia SMA Materi Asam Basa Berwawasan Lingkungan



ABSTRAK

Syamsumarlin, 2013. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia SMA Materi Asam Basa Berwawasan Lingkungan. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Jasri Djangi dan Sumiati Side).

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menyusun dan mengembangkan penuntun praktikum kimia SMA/MA kelas XI berdasarkan KTSP yang dapat dipakai sebagai alternatif guru dalam pembelajaran kimia di laboratorium sekaligus dapat dipakai siswa sebagai tambahan sumber belajar serta untuk mengetahui kualitas penuntun  praktikum kimia berwawasan lingkungan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 11 Makassar sebanyak 15 orang dengan komposisi 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pengembangan penuntun praktikum ini menggunakan model plomp yang terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, investigasi awal, perancangan, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi, dan revisi serta implementasi. Penuntun praktikum kimia berwawasan lingkungan yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh validator/ahli dan praktisi serta mengalami revisi sehingga diperoleh hasil yang valid, efektif, dan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) data kevalidan penuntun praktikum menggunakan lembar validasi menunjukkan rata-rata total 3,48 ( ) berarti sangat valid (2) data keefektifan penuntun praktikum menggunakan (a) lembar observasi aktifitas siswa menunjukkan aktivitas siswa pada ranah pemikiran (Psikomotorik, afektif) menunjukkan kecenderungan positif dengan hasil berturut-turut 78,29% kategori tinggi dan 85,80% kategori sangat tinggi (b) tes hasil praktikum menunjukkan skor rata-rata siswa pada tes hasil belajar yaitu 74 dari skor ideal 100 dengan ketuntasan kelas sebesar 93,33% atau 14 orang; (3) data kepraktisan penuntun praktikum menggunakan (a) lembar observasi ketarlaksanaan perangkat menunjukkan rata-rata total hasil observasi keterlaksanaan perangkat berada pada kategori terlaksana seluruhnya yaitu 1,7 ( ), (b) angket siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penuntun praktikum kimia asam basa yang digunakan dengan persentase ketegori sangat baik 46.67%, dan kategori baik 53.33%, (c) angket guru menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif dengan persentase 86% (sangat tinggi).


Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia Asam Basa Berwawasan Lingkungan, Model Plomp.



ABSTRACT

Syamsumarlin, 201
3. Development of Practical Guidance for subject Chemistry Senior High School Acids Bases that based on Environment. Thesis. Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Makassar (guided by Muhammad Jasri Djangi and Sumiati Side).

This research is a development (Research and Development), which aims to write and develop a chemistry lab guidence for SMA/MA class XI based KTSP that can be used as an alternative to teachers in teaching chemistry in the laboratory at the same time can be used as an additional source of student learning as well as practical guidance to determine the quality environmental chemistry. The subjects were students of class XI of SMAN 11 Makassar IPA2 15 people with the composition of 7 men and 8 women. The development of this practical guidence is Plomp model consisten of 5 (five) stages, the initial investigation, design, realization/construction, testing, evaluation, and revision and implementation. Guidance environmental chemistry lab that has been developed, it has been validated by the validator/experts and practitioners as well as revised in order to obtain valid results, effective, and practical. The results of this study show that: (1) data validity practical guide uses a validation shows the average total 3.48        ( ) means it is valid (2) the effectiveness of the data using a practical guide (a) observation of student activity sheets students showed activity in the realm of thought (psychomotor, affective) showed a positive trend with the result of 78.29% respectively and 85.80% higher category of very high category (b) the results of laboratory tests indicate students' average scores on the achievement test score of 74 out of 100 with ideal completeness grade of  93.33%, or 14 people, (3) data practical guide practical use (a) shows the observation sheet executed average entirety observations executed devices implemented entirely in the category at 1.7 ( ), (b) student questionnaire showed that students responded positively to the acid-base chemistry lab guides used with excellent categories percentage 46.67%, and 53.33% both categories, (c) teacher questionnaires indicated that teachers responded positively with the percentage of 86% (very high).


Keywords: Research  Development, Practical Guidance Environmental Chemistry Acids Bases, Model Plomp.




PERNYATAAN KEASLIAN


Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa skripsi ini adalah hasil karya saya sendiri, dan semua sumber baik yang dikutip maupun yang dirujuk telah saya nyatakan dengan benar. Bila dikemudian hari ternyata pernyataan saya terbukti tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi yang telah ditetapkan oleh FMIPA Universitas Negeri Makassar,



Yang membuat pernyataan


Nama        : Syamsumarlin
NIM          : 081304061
Tanggal     : Januari 2013











PERSETUJUAN PUBLIKASI UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIK


Sebagai sivitas akademika Universitas Negeri Makassar, saya yang bertanda tangan dibawah ini

            Nama                           : Syamsumarlin
            NIM                            : 081304061
            Program Studi             : Pendidikan Kimia
            Jurusan                        : Kimia
            Fakultas                       : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

demi pengembangan ilmu pengetahuan, saya menyetujui untuk memberikan kepada Universitas Negeri Makassar Hak Bebas Royalti Noneksklusif (Non-exclusive Royalt-Free Right) atas skripsi saya yang berjudul :
Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia SMA Materi Asam Basa Berwawasan Lingkungan
beserta perangkat yang ada (jika diperlukan). Dengan Hak Bebas Royalti Nonekslusif ini Universitas Negeri Makassar berhak menyimpan, mangalih- media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan skripsi saya selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis/pencipta dan sebagai pemilik Hak Cipta, serta tidak dikomersialkan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya

Dibuat di                  : Makassar
Pada tanggal             : Januari 2013



      Menyetujui pembimbing I                                               Yang menyatakan


Drs. Muhammad Jasri Djangi, M.Si                                        Syamsumarlin
MOTTO DAN PERSEMBAHAN





“Dimana ada kemauan, disitulah ada jalan. Ketekunan dan
kesabaran adalah kunci kesuksesan. Tiada
kesuksesan tanpa usaha dan
Tiada kesuksesan tanpa
restu orang tua”






“Kupersembahkan karya ini untuk Kedua orang tuaku,
saudaraku, dan seluruh keluargaku tercinta yang
senantiasa memberikan motivasi dan doa
serta rela meneteskan keringatnya
 dalam mencari segenggam rezeki
demi keberhasilanku”


KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin penulis panjatkan  kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan petunjukNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, yang merupakan sebagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.  Salam dan shalawat kepada Sang Revolusioner sejati Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan yang luar biasa dalam upaya menjalani kehidupan.
Pertama, penulis mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Ayahanda Sunandar, S.Pd. dan Ibunda Basiati, S.E., atas segala pengorbanan tenaga, waktu, materi dan pikiran serta doa yang tulus untuk keberhasilan anaknya. Saudaraku yang tercinta Agustiawan, Sutrisno, Patta Mirna serta seluruh keluarga yang tak dapat disebutkan satu persatu yang senantiasa memberikan dorongan dan bantuan baik moril maupun materil serta doa yang tulus kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan studi.
Penyusunan skripsi ini tidak terlepas dari berbagai hambatan dan tantangan, namun berkat dorongan, bantuan, bimbingan, arahan dan doa dari berbagai pihak sehigga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya dan penghargan yang setinggi-tingginya  kepada Bapak Drs. Muhammad Jasri Djangi, M.Si, selaku  Penasehat Akademik sekaligus Pembimbing I serta Ibu Dra. Sumiati Side, M.Si selaku Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyelesaian skripsi ini.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada:
1.        Bapak Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Makassar.
2.        Bapak Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
3.        Ibu Dra. Sumiati Side, M.Si selaku Ketua Jurusan Kimia, Ibu Jusniar, S.Pd., M.Pd selaku sekretaris Jurusan Kimia beserta Bapak Drs. Danial, M.Si selaku Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, serta Bapak dan Ibu dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
4.        Ibu Dra. Melati Masri, M.Si, Dra. Ratnawati Maming, M.Si, dan Mariati, S.Pd., validator yang telah meluangkan waktu untuk memeriksa dan memberikan saran terhadap perbaikan penuntun praktikum dan instrumen penelitian. 
5.        Bapak Drs. Aminuddin Mustafa, M.M selaku Kepala Satuan Pendidikan SMA Negeri 11 Makassar, dan Ibu Mariati, S.Pd., selaku guru kimia serta adik-adikku siswa kelas XI IPa2 atas segala bantuan dan kerjasamanya yang baik selama penulis melaksanakan penelitian
6.        Para Observer penelitian yang tidak diragukan kapasitas dan dukungannya.
7.        Sahabat-sahabatku Dewanri Pattah, Muh. Taufiq Adim, Muh. Syahru Ahmad, Muh. Gianto SM., S.Pd., dan seluruh Ozon 2008 kelas A yang tak mampu kusebutkan satu persatu atas segala kebersamaan, keceriaan, semangat dan makna hidup yang kita alami bersama selama mengikuti perkuliahan di jurusan kimia FMIPA UNM.
8.        Kakak-kakak, rekan-rekan seangkatan 2008 dan adik-adik junior sejurusan maupun jurusan lain yang yang tak diragukan dukungan dan doanya.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih terdapat kekurangan, dan karena itu kritikan dan saran yang sifatnya konstruktif sangat penulis harapkan demi kesempurnaan skripsi ini.        
Akhirnya penulis berharap semoga amal baik semua pihak yang ikhlas memberikan andil dalam penyusunan skripsi ini mendapatkan pahala dari Allah SWT.           

Makassar,                          2013                                 
                                                                        Penulis


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
ABSTRAK............................................................................................................. iii
PERNYATAAN KEASLIAN................................................................................ v
PERSETUJUAN PUBLIKASI.............................................................................. vi
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ....................................................................... vii
KATA PENGANTAR......................................................................................... viii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... xi
DAFTAR TABEL................................................................................................ xiii
DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM............................................................ xiv
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................... xv

BAB I   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang................................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah.............................................................................................. 5
C.     Tujuan Penelitian................................................................................................ 5
D.    Manfaat Penelitian............................................................................................. 5

BAB II   TINJAUAN PUSTAKA
A.     Perangkat Pembelajaran.................................................................................... 7
B.       Praktikum.......................................................................................................... 7
C.       Penuntun Praktikum Berwawasan Lingkungan.............................................. 11
D.      Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran............................................. 12
E.       Kualitas Perangkat Pembalajaran.................................................................... 23
F.        Tinjauan Umum Materi Asam Basa................................................................ 24

BAB III   METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian ................................................................................................ 30
B.     Lokasi dan Subjek Penelitian .......................................................................... 30
C.     Batasan Istilah.................................................................................................. 30
D.    Prosedur Penelitian Pengembangan................................................................. 31
E.     Instrumen Penelitian........................................................................................ 36
F.      Teknik Analisis Data........................................................................................ 39
G.   Pengembangan Penuntun Praktikum dengan Ujicoba Terbatas ...................... 48

BAB IV  HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian................................................................................................ 50
B.     Pembahasan...................................................................................................... 64

BAB V  PENUTUP
A.    Kesimpulan...................................................................................................... 71
B.     Saran................................................................................................................ 71

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 73
LAMPIRAN.......................................................................................................... 75

PERSURATAN
RIWAYAT HIDUP


















                                                                                          








DAFTAR TABEL

Halaman

 


Tabel          Indikator Asam Basa dan Trayek Perubahan Warna......................... 28
Tabel          Ketuntasan Hasil Belajar.................................................................... 43
Tabel 4.1    Standar Kompetensi,  KompetensiDasar,  danIndikatorPraktikum
                   Kimia Materi Pokok Asam dan Basa SMA Kelas XI IPA…………... 51        
           
Tabel 4.2    Validator dan saran............................................................................ 55

Tabel 4.3    Hasil Penilaian Terhadap Penuntun Praktikum Asam-Basa............... 56  

Tabel 4.4    Rangkuman HasilValidasi.................................................................. 58  

Tabel 4.5    Revisi Penuntun Praktikum Kimia Asam-Basa.................................. 59  

Tabel 4.6    Ketuntasan Aspek Psikomotorik........................................................ 60

Tabel 4.7    Ketuntasan Aspek Afektif................................................................. 60 Tabel 4.8         Hasil Analisis Deskriptif Hasil Praktikum Siswa........................................................... 61
Tabel 4.9    Frekuensi dan Persentase TesHasil Praktikum Siswa  ....................... 61 Tabel 4.10  Ketuntasan Belajar siswa.......................................................................................................... 61
Tabel 4.11  Data Pengamatan Keterlaksanaan Perangkat..................................... 62
Tabel 4.12  Hasil Respon Siswa............................................................................ 63










DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM


                                                                                                                      Halaman

Gambar Model Pengembangan Plomp (Suradi, 2008).......................................... 20 Gambar Model Pengembangan Plomp (termodifikasi).................................................................. 49
Gambar 4.1 Materi Pokok Asam Basa yang Dipraktikumkan.............................. 52
Gambar 4.2 Diagram Persentase Setiap Aspek..................................................... 60
Gambar 4.3 Diagram Persentase Ketuntasan Belajar Siswa................................. 62
Gambar 4.4 Diagram Persentase Respon Siswa Terhadap Penuntun  Praktikum. 63





























DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                      Halaman
                           
1.        Penuntun Praktikum Kimia Asam Basa.......................................................... 76
2.        Jadwal Pelaksanaan Penelitian........................................................................ 98
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran................................................................ 99
4.        Lembar Observasi Aspek Psikomotorik........................................................ 120
5.        Lembar Observasi Aspek Afektif................................................................. 143
6.        Lembar Validasi Penuntun Praktikum Kimia Asam Basa............................ 146
7.        Kisi-kisi Instrumen........................................................................................ 149
8.        Instrumen Tes Hasil Praktikum..................................................................... 150
9.        Kunci Jawaban Instrumen Penelitian............................................................ 154
10.    Lembar Angket Siswa................................................................................... 155
11.    Lembar Angket Guru.................................................................................... 157
12.    Lembar Observasi Keterlaksanaan Perangkat .............................................. 159
13.    Daftar Hasil Validasi Penuntun Praktikum................................................... 164
14.    Daftar Nilai Psikomotorik Siswa.................................................................. 166
15.    Daftar Nilai Afektif  Siswa........................................................................... 167
16.    Daftar Hasil Tes Hasil Praktikum................................................................. 168
17.    Daftar Hasil Observasi keterlaksanaan Perangkat........................................ 169
18.    Daftar Hasil Angket respon Siswa................................................................ 171
19.    Daftar Hasil Angket respon Guru................................................................. 172
20.    Dokumentasi Pelaksanaan Uji coba.............................................................. 173




Tidak ada komentar:

Posting Komentar