ABSTRAK
Syamsumarlin,
2013. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia SMA Materi Asam Basa Berwawasan Lingkungan. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Jasri Djangi dan Sumiati Side).
Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (Research
and Development) yang bertujuan menyusun dan mengembangkan penuntun praktikum
kimia SMA/MA kelas XI berdasarkan KTSP yang dapat dipakai sebagai alternatif guru dalam pembelajaran kimia di
laboratorium sekaligus dapat dipakai siswa sebagai tambahan sumber belajar
serta untuk mengetahui kualitas penuntun
praktikum kimia berwawasan lingkungan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 11 Makassar sebanyak 15 orang dengan komposisi 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pengembangan penuntun praktikum ini menggunakan model plomp yang terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, investigasi
awal, perancangan, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi, dan
revisi serta implementasi. Penuntun
praktikum kimia berwawasan lingkungan
yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh
validator/ahli dan praktisi serta mengalami revisi sehingga diperoleh hasil
yang valid, efektif, dan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) data kevalidan penuntun praktikum menggunakan
lembar validasi menunjukkan rata-rata total 3,48 (
) berarti sangat
valid (2) data keefektifan
penuntun praktikum menggunakan (a) lembar observasi aktifitas siswa menunjukkan
aktivitas siswa pada ranah pemikiran (Psikomotorik, afektif)
menunjukkan kecenderungan positif dengan hasil berturut-turut 78,29% kategori tinggi dan 85,80% kategori sangat tinggi (b) tes hasil praktikum
menunjukkan skor rata-rata siswa pada tes hasil belajar
yaitu 74 dari
skor ideal 100 dengan ketuntasan kelas sebesar 93,33% atau 14 orang; (3) data kepraktisan penuntun praktikum menggunakan (a) lembar observasi
ketarlaksanaan perangkat menunjukkan rata-rata total hasil observasi
keterlaksanaan perangkat berada pada kategori terlaksana seluruhnya yaitu 1,7 (
), (b) angket siswa
menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif
terhadap penuntun praktikum kimia asam basa yang digunakan dengan persentase ketegori sangat baik 46.67%, dan kategori baik
53.33%, (c) angket guru menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif dengan
persentase 86% (sangat tinggi).
Kata Kunci : Penelitian
Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia Asam Basa Berwawasan Lingkungan, Model Plomp.
ABSTRACT
Syamsumarlin, 2013. Development of Practical Guidance for subject Chemistry Senior High School Acids Bases that based on Environment. Thesis. Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Makassar (guided by Muhammad Jasri Djangi and Sumiati Side).
This research is a development (Research and
Development), which aims to write and develop a chemistry lab guidence for SMA/MA class XI based KTSP that can be
used as an
alternative to teachers
in teaching chemistry in the laboratory at the same time can be used as an
additional source of student learning as well as practical guidance to
determine the quality environmental chemistry. The subjects were students of
class XI of SMAN 11 Makassar IPA2 15 people with the composition of
7 men and 8 women. The development of this practical guidence is Plomp model consisten of 5 (five) stages, the initial investigation,
design, realization/construction, testing, evaluation, and revision and
implementation. Guidance environmental chemistry lab that has been developed,
it has been validated by the validator/experts and practitioners as well as
revised in order to obtain valid results, effective, and practical. The results
of this study show that: (1) data validity practical guide uses a validation
shows the average total 3.48 (
)
means it is valid (2) the effectiveness of the data using a practical guide (a)
observation of student activity sheets students showed activity in the realm of
thought (psychomotor, affective) showed a positive trend with the
result of 78.29% respectively and 85.80% higher category of very high category
(b) the results of laboratory tests indicate students' average scores on the
achievement test score of 74 out of 100 with ideal completeness grade of 93.33%, or 14 people, (3) data practical guide practical use (a) shows the
observation sheet executed average entirety observations executed devices implemented entirely in the
category at 1.7 (
), (b) student questionnaire showed
that students responded positively to the acid-base chemistry lab guides used
with excellent categories percentage 46.67%, and 53.33% both categories, (c)
teacher questionnaires indicated that teachers responded positively with the
percentage of 86% (very high).
Keywords: Research Development, Practical Guidance
Environmental Chemistry Acids Bases, Model Plomp.
PERNYATAAN KEASLIAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan
bahwa skripsi ini adalah hasil karya saya sendiri, dan semua sumber baik yang
dikutip maupun yang dirujuk telah saya nyatakan dengan benar. Bila dikemudian hari ternyata pernyataan saya terbukti tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi yang telah ditetapkan oleh FMIPA Universitas Negeri Makassar,
Yang membuat pernyataan
Nama : Syamsumarlin
NIM : 081304061
Tanggal : Januari 2013
PERSETUJUAN PUBLIKASI
UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIK
Sebagai sivitas akademika Universitas
Negeri Makassar, saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama : Syamsumarlin
NIM : 081304061
Program Studi : Pendidikan Kimia
Jurusan : Kimia
Fakultas : Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
demi pengembangan ilmu pengetahuan, saya menyetujui untuk memberikan
kepada Universitas Negeri Makassar Hak
Bebas Royalti Noneksklusif (Non-exclusive
Royalt-Free Right) atas skripsi saya yang berjudul :
Pengembangan
Penuntun Praktikum Kimia SMA Materi Asam Basa Berwawasan Lingkungan
beserta perangkat yang ada (jika diperlukan). Dengan Hak Bebas
Royalti Nonekslusif ini Universitas Negeri Makassar berhak menyimpan, mangalih-
media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan skripsi saya selama tetap
mencantumkan nama saya sebagai penulis/pencipta dan sebagai pemilik Hak Cipta, serta tidak dikomersialkan.
Demikian
pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya
Dibuat di : Makassar
Pada tanggal : Januari 2013
Menyetujui
pembimbing I Yang menyatakan
Drs. Muhammad Jasri Djangi, M.Si Syamsumarlin
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
“Dimana ada kemauan, disitulah ada jalan.
Ketekunan dan
kesabaran adalah kunci kesuksesan. Tiada
kesuksesan tanpa usaha dan
Tiada kesuksesan tanpa
restu orang tua”
“Kupersembahkan karya ini
untuk Kedua orang tuaku,
saudaraku, dan seluruh keluargaku
tercinta yang
senantiasa memberikan
motivasi dan doa
serta rela meneteskan
keringatnya
dalam mencari segenggam rezeki
demi keberhasilanku”
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahi
Rabbil ‘Alamin penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
petunjukNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, yang merupakan
sebagian dari persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Salam dan shalawat kepada Sang Revolusioner sejati Nabi Muhammad SAW
yang menjadi suri tauladan yang luar biasa dalam upaya menjalani kehidupan.
Pertama, penulis
mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Ayahanda Sunandar, S.Pd. dan Ibunda
Basiati, S.E.,
atas segala pengorbanan tenaga, waktu, materi dan pikiran serta doa yang tulus
untuk keberhasilan anaknya. Saudaraku yang tercinta Agustiawan,
Sutrisno, Patta Mirna serta seluruh keluarga yang tak
dapat disebutkan satu persatu yang senantiasa memberikan dorongan dan bantuan
baik moril maupun materil serta doa yang tulus kepada penulis sehingga dapat
menyelesaikan studi.
Penyusunan skripsi ini tidak terlepas dari
berbagai hambatan dan tantangan, namun berkat dorongan, bantuan, bimbingan,
arahan dan doa dari berbagai pihak sehigga penulis dapat menyelesaikan skripsi
ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang
setulus-tulusnya dan penghargan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Drs. Muhammad Jasri Djangi,
M.Si, selaku Penasehat Akademik sekaligus
Pembimbing I serta Ibu Dra. Sumiati Side, M.Si selaku Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk
membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
Penulis juga mengucapkan terima kasih
kepada:
1.
Bapak Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd
selaku Rektor Universitas Negeri Makassar.
2.
Bapak Prof. Dr. Hamzah
Upu, M.Ed selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makassar.
3.
Ibu
Dra. Sumiati Side,
M.Si selaku
Ketua Jurusan Kimia,
Ibu Jusniar,
S.Pd., M.Pd selaku sekretaris Jurusan Kimia beserta
Bapak Drs. Danial, M.Si
selaku Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, serta Bapak dan Ibu dosen Jurusan
Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri
Makassar.
4.
Ibu Dra. Melati Masri,
M.Si, Dra. Ratnawati Maming, M.Si, dan Mariati, S.Pd., validator
yang telah meluangkan waktu untuk memeriksa dan memberikan saran terhadap
perbaikan penuntun praktikum dan instrumen
penelitian.
5.
Bapak Drs. Aminuddin Mustafa,
M.M selaku Kepala Satuan
Pendidikan SMA Negeri 11
Makassar, dan Ibu Mariati,
S.Pd., selaku guru kimia
serta adik-adikku siswa kelas XI IPa2
atas segala bantuan dan kerjasamanya yang baik selama penulis melaksanakan
penelitian
6.
Para Observer
penelitian yang tidak diragukan kapasitas dan
dukungannya.
7.
Sahabat-sahabatku Dewanri Pattah, Muh. Taufiq Adim, Muh. Syahru Ahmad,
Muh. Gianto SM., S.Pd., dan seluruh Ozon 2008 kelas A yang tak mampu
kusebutkan satu persatu atas segala kebersamaan, keceriaan, semangat dan makna hidup yang
kita alami bersama selama mengikuti perkuliahan di jurusan kimia FMIPA UNM.
8.
Kakak-kakak,
rekan-rekan seangkatan 2008
dan adik-adik junior sejurusan maupun jurusan lain yang yang
tak diragukan dukungan dan doanya.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini masih terdapat kekurangan, dan
karena itu kritikan dan saran yang sifatnya konstruktif sangat penulis harapkan
demi kesempurnaan skripsi ini.
Akhirnya
penulis berharap semoga amal baik semua pihak yang ikhlas memberikan andil dalam
penyusunan skripsi ini mendapatkan pahala dari Allah SWT.
Makassar, 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
ABSTRAK............................................................................................................. iii
PERNYATAAN
KEASLIAN................................................................................ v
PERSETUJUAN
PUBLIKASI.............................................................................. vi
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ....................................................................... vii
KATA PENGANTAR......................................................................................... viii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... xi
DAFTAR TABEL................................................................................................ xiii
DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM............................................................ xiv
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................... xv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang................................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah.............................................................................................. 5
C.
Tujuan Penelitian................................................................................................ 5
D.
Manfaat Penelitian............................................................................................. 5
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Perangkat Pembelajaran.................................................................................... 7
B.
Praktikum.......................................................................................................... 7
C.
Penuntun Praktikum
Berwawasan Lingkungan.............................................. 11
D.
Model Pengembangan
Perangkat Pembelajaran............................................. 12
E.
Kualitas Perangkat
Pembalajaran.................................................................... 23
F.
Tinjauan Umum
Materi Asam Basa................................................................ 24
BAB
III METODE PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian ................................................................................................ 30
B.
Lokasi dan Subjek
Penelitian .......................................................................... 30
C.
Batasan Istilah.................................................................................................. 30
D.
Prosedur Penelitian Pengembangan................................................................. 31
E.
Instrumen
Penelitian........................................................................................ 36
F.
Teknik Analisis Data........................................................................................ 39
G. Pengembangan
Penuntun Praktikum dengan Ujicoba Terbatas ...................... 48
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian................................................................................................ 50
B.
Pembahasan...................................................................................................... 64
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan...................................................................................................... 71
B.
Saran................................................................................................................ 71
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 73
LAMPIRAN.......................................................................................................... 75
PERSURATAN
RIWAYAT HIDUP
DAFTAR TABEL
Halaman
|
Tabel Indikator Asam Basa dan Trayek Perubahan Warna......................... 28
Tabel Ketuntasan
Hasil Belajar.................................................................... 43
Tabel 4.1 Standar Kompetensi, KompetensiDasar, danIndikatorPraktikum
Kimia Materi Pokok Asam dan Basa SMA Kelas
XI IPA…………... 51
Tabel 4.2 Validator dan saran............................................................................ 55
Tabel 4.3 Hasil Penilaian Terhadap Penuntun Praktikum Asam-Basa............... 56
Tabel 4.4 Rangkuman HasilValidasi.................................................................. 58
Tabel 4.5 Revisi Penuntun Praktikum Kimia Asam-Basa.................................. 59
Tabel 4.6 Ketuntasan Aspek Psikomotorik........................................................ 60
Tabel 4.7 Ketuntasan Aspek Afektif................................................................. 60 Tabel 4.8 Hasil Analisis Deskriptif Hasil Praktikum Siswa........................................................... 61
Tabel 4.9 Frekuensi dan Persentase TesHasil Praktikum Siswa ....................... 61 Tabel 4.10 Ketuntasan
Belajar siswa.......................................................................................................... 61
Tabel 4.11 Data
Pengamatan Keterlaksanaan Perangkat..................................... 62
Tabel 4.12 Hasil
Respon Siswa............................................................................ 63
DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM
Halaman
Gambar Model Pengembangan Plomp (Suradi, 2008).......................................... 20
Gambar Model Pengembangan Plomp (termodifikasi).................................................................. 49
Gambar 4.1 Materi Pokok Asam
Basa yang Dipraktikumkan.............................. 52
Gambar 4.2 Diagram Persentase Setiap Aspek..................................................... 60
Gambar 4.3 Diagram Persentase Ketuntasan Belajar
Siswa................................. 62
Gambar 4.4 Diagram Persentase Respon Siswa Terhadap Penuntun
Praktikum. 63
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1.
Penuntun Praktikum Kimia Asam Basa.......................................................... 76
2.
Jadwal Pelaksanaan
Penelitian........................................................................ 98
3.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran................................................................ 99
4.
Lembar Observasi Aspek Psikomotorik........................................................ 120
5.
Lembar Observasi Aspek Afektif................................................................. 143
6.
Lembar Validasi
Penuntun Praktikum Kimia Asam Basa............................ 146
7.
Kisi-kisi Instrumen........................................................................................ 149
8.
Instrumen Tes Hasil Praktikum..................................................................... 150
9.
Kunci Jawaban Instrumen Penelitian............................................................ 154
10.
Lembar Angket Siswa................................................................................... 155
11.
Lembar Angket Guru.................................................................................... 157
12.
Lembar Observasi
Keterlaksanaan Perangkat .............................................. 159
13.
Daftar Hasil Validasi Penuntun Praktikum................................................... 164
14.
Daftar Nilai Psikomotorik Siswa.................................................................. 166
15.
Daftar Nilai Afektif Siswa........................................................................... 167
16.
Daftar Hasil Tes Hasil Praktikum................................................................. 168
17.
Daftar Hasil Observasi keterlaksanaan Perangkat........................................ 169
18.
Daftar Hasil Angket respon Siswa................................................................ 171
19.
Daftar Hasil Angket respon Guru................................................................. 172
20.
Dokumentasi Pelaksanaan Uji coba.............................................................. 173
Tidak ada komentar:
Posting Komentar